.

Sunday, November 4, 2012

HEMAT KUOTA INTERNET DENGAN SQUID

Kenapa saya memposting tentang SQUID sebenarnya karena saat ini saya menggunakan provider  "X" (bukan nama sebenarnya) yang masih dibatasi kuota, meskipun sudah tergolong murah tapi karena keuangan saya sedang sangat mengkhawatirkan jadi saya mencari cara untuk menghemat kuota( maunya sih yang gratis skalian) dan squid ini cukup membantu he,he. Apa sebenarnya Squid itu dan apa yang dilakukannya sehingga bisa membantu menghemat kuota anda?mari kita selidiki he,he,he.

Squid yang ini berbeda dengan squidward yang kurang ramah dengan tetangga kuningya he,he sqiud yang ini sangat ramah bagi yang ingin menghemat kuota.yang kita bahas sekarang adalah sqiud proxy yang bisa dijalankan di wondows,dengan program ini ada dua hal yang bisa anda dapatkan yaitu penghematan kuota dan mempercepat koneksi anda,,kenapa begitu?? mari kita lanjutkan....

Begilah cara kerja si Squid prxy tersebut.
Pada saat kita membuka sebuah situs sebenarnya yang kita lakuakan adalah mendownload semua informasi yang ada pada situs tersebut,gambar tulisan link dan semua file2 yang ada pada situs tersebut,biasanya file2 tersebut akan disimpan di memory browser yang bersifat temporary tapi kadang tidak berjalan dengan semestinya,setiap kita merefres halaman kita akan mendownload ulang semua konten situs tersebut itu yang membuat kita boros kuota,Begini anggap saja sebuah situs web berukuran total 500KB,maka jika kita membuka situs tersebut 10 kali sama juga dengan mendownload 500KBX10= 5MB bener ga?
Nah squid disini bertugas untuk menyimpan semua file dari situs yang kita buka jadi saat pertama kita membuka sebuah situs squid akan otomatis menyimpan semua file situs tersebut sehingga pada saat kita membuka untuk kedua kalinya kita tidak lagi mendownload file yang ada di internet melainkan kita hanya mengambil file dari direktori squid tadidan browser hanya akan mendownload informasi baru yang belum ada pada squid sehingga kita bisa lebih hemat kuota. Tadi saya katakan akan mempercepat koneksi ya itu karena kita hanya mengambil dari file di komputer kita sendiri makanya akan lebih cepat dibanding jika kita harus mendownload ulang.

Sekarang kita lihat, berapa perhitungan bandwithnya. Suatu halaman sebesar 500KB, berisi halaman web sederhana dan berbagai gambar. Squid hanya akan mendownload kode HTML nya saja dan menyaring semua informasi yang ada di dalamnya. Jika dalam screening ini semua data pendukung (gambar, skrip, file) sudah ada di cache, bandwith Anda tidak akan lebih besar dari 100Kb bahkan lebih kecil lagi. Anggap saja kita lakukan refresh selama 10 kali maka hasil yang didapat adalah: 100KB x 10 =  2MB saja. Anda bisa menghemat bandwith menjadi 1/5 bahkan lebih kecil lagi! Hebat bukan he,he

 Untuk memasang Squid ini kita harus menginstallnya terlebih dahulu dan melakukan beberapa langkah yang sebenarnya tidak begitu rumuit tapi tetap saja saya bingung he,he. Setelah saya mengadu pada mbah google akhirnya saya dapat Squid windows yang instan jadi tinggal didownload dan di ekstrak saja.
download dulu Squid windows yang siap pakai disini pass: soloteckno.blogspot.com

  

LANGKAH INSTALASI:
------------------
1. Ekstrak semua file ke dalam drive C:\ sehingga Anda bisa membuka file ini di C:\squid\panduan instalasi.txt.
2. Dobel klik file "install.bat"
3. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan semacam ini:

    C:\squid-2.7-STABLE7-GBK\squid>echo off
    2010/02/23 17:46:21| Creating Swap Directories
    2010/02/23 17:46:24| Starting Squid Cache version 2.7.STABLE7 for i686-pc-winnt.
    ..
    2010/02/23 17:46:24| Running on Windows XP

4. Tekan Ctrl + C, Jika muncul pertanyaan "Terminate batch job? (Y/N)" Jawab dengan: n dan tekan [Enter]
5. Jika sudah muncul tulisan semacam ini, proses Instalasi telah berhasil.
    ....
    Registry stored HKLM\SOFTWARE\GNU\Squid\2.6\Squid\CommandLine value -D
    Press any key to continue . . .

6. Aktifkan service Squid dengan melalui Control Panel > Administrative Tools > Services. Temukan service bernama "Squid" Klik "Start" pada panel sebelah kiri.
7. Selanjutnya Anda tinggal mengUbah setting Browser Anda. Arahkan proxy pada browser anda ke alamat "localhost" dengan port "3128" .


LANGKAH UNINSTALASI:
--------------------
1. Dobel klik file "uninstall.bat"
2. Tunggu hingga Command Prompt Anda menampilkan:

    C:\squid-2.7-STABLE7-GBK\squid>echo off
    Service squid deleted successfully.
    Press any key to continue . . .

3. Selesai.


MELIHAT CATATAN AKSES:
----------------------
1. Dobel klik file "melihat-akses-log.txt"
2. Panah ke bawah untuk melihat log yang lebih baru. Prosentase di bagian kiri bawah menunjukkan posisi log yang sedang Anda lihat dari keseluruhan akses yang tercatat.
3. Untuk keluar, Anda tinggal tutup jendela Command Prompt tersebut.

Sekian dan semoga bermanfaat.

2 komentar:

Post a Comment